Beranda » Tradisional » Semur Daging, Resep Sederhana, Mudah dan Enak

Semur Daging, Resep Sederhana, Mudah dan Enak

oleh dapurkintamani
23 tayangan
semur daging

Semur daging adalah salah satu menu masakan warisan kuliner Nusantara. Masakan semur daging mempunyai cita rasa tinggi karena campuran rempah-rempah khas nenek moyang leluhur.

rempah-rempah
Rempah-rempah Indonesia

Asal Mula Semur

Kata semur secara etimologi berasal dari bahasa Belanda yaitu smoor yang berarti masakan itu telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan-lahan. Smoor dalam bahasa Belanda juga berarti braising atau teknik memasak dengan cara merebus lama dengan api kecil hingga daging empuk.

Hidangan rebus dari Indonesia ini diolah dengan kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah bawang bombay, pala dan cengkeh.

Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan penting dalam proses pembuatan sumur karena berfungsi menguatkan rasa, namun tetap menyatu harmonis dengan bahan-bahan lainnya.

Jenis semur daging telah dimodifikasi menjadi berbagai macam variasi. Bahkan semur daging yang lezat ini kini sudah dikenal hingga mancanegara.

Isiannya tidak hanya daging saja, bisa ditambahkan dengan telur, tahu, dan kentang. Daging yang dipakai pun bisa diganti dengan daging kambing atau daging ayam yang biasanya menggunakan daging sapi.

Semur telah melekat menjadi tradisi bangsa Indonesia dan dihidangkan di berbagai perhelatan adat. Masyarakat Betawi menjadikan semur sebagai bagian dari tradisi yang selalu dihidangkan saat lebaran dan acara perkawinan.

Biasanya semur Jawa juga muncul pada acara-acara perayaan di berbagai penjuru nusantara seperti Kalimantan dan Sumatera. Tentunya dengan cita rasa dan tampilan yang disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.

Tips Daging Empuk

Ada beberapa tips supaya daging menjadi empuk antara lain :

1. Potong daging dengan ukuran kecil

Memotong daging menjadi potongan tipis dan lebar akan membuat daging lebih cepat matang dan empuk.

Usahakan memotong daging dengan arah yang berlawanan dengan serat. Hal itu berguna untuk memisahkan serat daging saat dimasak agar daging lebih cepat empuk

2. Bungkus daging dengan daun pepaya

Bungkus daging dengan daun pepaya selama 30 menit sebelum dimasak. Kandungan zat papain dalam daun pepaya dipercaya mampu membuat daging menjadi lebih empuk sehinga tidak perlu lagi memasak daging dalam jangka waktu yang lama karena daging akan lebih cepat matang dan bumbu akan lebih meresap

3. Menggunakan menggunakan baking powder

Rendam daging yang telah dicuci bersih dan dipotog ke dalam bumbu yang telah ditambahkan baking powder. Diamkan beberapa saat, lalu daging bisa langsung dimasak hingga empuk tanpa harus menghabiskan waktu yang cukup lama.

Cara ini juga cocok digunakan apabila ingin membuat sate daging sapi / kambing dan memasak daging bumbu lada hitam

4. Dilumuri jahe terlebih dahulu

Memasak daging dengan dilumuri jahe juga membuat daging cepat empuk. Kandungan enzim proteolitik dalam jahe dapat mengurangi ikatan protein dalam daging

Caranya dengan menyiapkan beberapa ruas jahe. Kupas kulit jahe dan cuci hingga bersih. Setelah itu, parut jahe dan lumuri daging hingga tercampur rata. Diamkan terlebih dahulu selama 30 menit sebelum dimasak agar kandungan enzim proteolitik bekerja maksimal.

5. Dipukul hingga empuk

Pukul-pukul kedua sisi daging hingga mendapatkan tekstur yang empuk. Namun, jangan terlalu keras memukulnya supaya daging tidak rusak

6. Direndam dengan daun teh

Kandungan tanin dalam teh juga mampu membuat daging menjadi empuk secara alami. Rendam daging ke dalam teh yang berwarna coklat hitam pekat selama kurang lebih 30 menit sebelum daging dimasak

7. Dimasak dengan panci presto

Cara memasak daging dengan panci presto adalah hal yang umum dilakukan. Dengan tekanan uap panas yang tinggi dalam panci presto dapat membuat daging empuk dalam waktu yang cepat tanpa tambahan bahan apapun.

8. Dimasak menggunakan teknik 5-30-7

Teknik 5-30-7 merupakan tahapan waktu yang digunakan dalam memasak daging yang dibagi dalam 3 tahapan, yaitu 5 menit pertama merebus daging dalam panci tertutup yang sudah berisi air mendidih. Kemudian selama 30 menit didinginkan dalam panci tanpa membuka tutup panci, sehingga uap air panas yang ada di dalamnya akan membuat daging empuk. Kemudian 7 menit berikutnya daging direbus kembali sehingga matang sempurna.

Teknik satu ini selain membuat daging empuk lebih cepat juga akan dapat menghemat konsumsi gas elpiji karena waktu memasak yang lebih singkat

9. Direndam dengan dicampur buah-buahan

Beberapa buah seperti kiwi, nanas, pepaya dan pear dinilai mempu membuat daging menjadi lebih empuk karena kandungan enzim protease. Enzim ini mampu memecah protein dalam daging. Rendam daging bersama potongan buah selam kurang lebih 2-3 jam sebelum dimasak

10. Dimasak menggunakan teknik sous vide

Teknik sous vide dilakukan dengan cara membungkus daging yang telah dibumbui dengan campuran lemon, minyak zaitun dan bawang putih ke dalam kantong plastik kedap udara.

Kantong plastik tersebut kemudian direndam dalam air bersuhu rendah. Suhu air menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kelembutan daging.

Waktu perendaman juga mempengaruhi tingkat kelembutan daging. Sesuaikan waktu dengan jenis daging yang akan dimasak.

bawang merah dan bawang putih
bawang putih dan bawang merah rempah wajib untuk masakan nusantara

Berikut adalah resep semur daging sapi yang super simple by Xanders kitchen

Semur Daging, Resep Sederhana, Mudah dan Enak

Recipe by dapurkintamaniCourse: Tradisional
Servings

4

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal

Resep semur daging enak dan mudah. Bumbu sederhana dan mudah ditemukan

Bahan-bahan

  • Bahan utama :
  • 500 gram daging sapi

  • Garam gula kecap asin kecap manis secukupnya

  • Bumbu yang dihaluskan :
  • 10 butir bawang merah

  • 5 siung bawang putih

  • 1 sdt merica

Cara Membuat

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong aduk sampai daging berubah warna.
  • Tambahkan kecap asin kecap manis garam dan gula kemudian aduk. Tuang air secukupnya
  • Tutup wajan. Setelah mendidih kecilkan api.
  • Masak sampai daging empuk atau dapat menggunakan metode tips diatas supaya daging empuk. Cicipi masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan semur daging dengan taburan bawang goreng.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!