Beranda » Video Resep » Brownies Amanda Kukus Lembut dan Moist

Brownies Amanda Kukus Lembut dan Moist

oleh dapurkintamani
2791 tayangan
brownies amanda kukus

Kue Brownies

Bagi Anda yang suka bepergian ke Bandung sudah pasti kenal dengan Brownies Amanda Kukus yang satu ini. Cita rasanya yang khas dan tentunya enak membuatnya menjadi favorit pemburu oleh-oleh. Walaupun sekarang sudah banyak sekali outlet yang menjual Brownies Amanda yang satu ini, rasanya tetap saja ngangenin dan banyak dicari produknya.

Brownies cokelat adalah penganan yang dipanggang berbentuk persegi, dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Brownies dipopulerkan di Amerika Serikat dan Kanada pada paruh pertama abad ke-20.

Berawal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan kue pengembang yang disebut baking powder dalam resep adonan kue bolu coklatnya. Alhasil setelah kue bolu tersebut dipanggang tidak mengembang seperti halnya kue-kue bolu yang biasa dia buat. Tekstur kue bolu coklat yang harusnya lembut, tebal, dan banyak berpori, menjadi bantat, padat dan sedikit basah. . (source : wikipedia).

Kalau di Indonesia, kue brownies yang terkenal adalah Brownies Amanda. Awalnya merupakan oleh-oleh khas kota Bandung. Walaupun sekarang sudah banyak outlet brownies Amanda di berbagai kota.

Dahulu saya sudah pernah share resep brownies amanda yang lumer, (kunjungi: Brownies Amanda -takaran sendok ). Namun, hampir semuanya menggunakan takaran sendok, sehingga menjadi sangat subjektif. Kali ini saya coba buat ulang Brownies Amanda Kukus Cokelat yang sangat lembut dan moist. Saya bereksperimen dengan menambahkan susu cair UHT pada adonan coklatnya, sehingga lebih encer.

Sekilas Brownies Amanda Kukus

Banyak orang yang tidak tahu kalau dibalik kesuksesan brownies ini ada nama ibu Sumi Wiludjeng yang merupakan pencipta resep dari kue yang awalnya diberi nama bolu cokelat ini.

Mengawali bisnis dari skala kecil mulai tahun 1999 kue bolu dijajakan keliling ke rumah tetangga, kerabat dan langganan. kue bolu cokelat semakin banyak diminati dan akhirnya lahirlah nama Amanda. Amanda bukan nama anak perempuan melainkan adalah singkatan dari Anak Menantu Damai. Nama tersebut mencerminkan keharmonisan keluarga yang meliputi anak dan menantu dalam membangun usaha.

Brownies Cokelat Amanda
Brownies Cokelat Amanda

Seiring dengan berjalannya waktu dan berbekal pengalaman usaha, Brownies Amanda semakin dikenal dan kemudian dipatenkan merk Brownies Amanda pada tahun 2004.

Dengan dipatenkannya brand Brownies Amanda, pasarannyapun semakin meluas pada tahun 2007 hingga pasar nasional mulai dari Surabaya, Yogyakarta dan Medan. Hingga kini brownies Amanda memiliki 100 outlet di seluruh Indonesia.

Coba juga : Resep Brownies Keju Kukus

Nah, kita akan coba membuat kue brownies cokelat kukus lumer yang rasa dan teksturnya mirip dengan brownies Amanda dengan bagian lapisan tengah diberi lapisan cokelat yang lumer. Ada beberapa tips dalam membuat kue brownies supaya lembut dan tidak terlalu bantat kuenya. Berikut adalah tipsnya.

Tips agar Brownies Kukus Empuk dan Tidak Bantat

1. memilih kukusan

  • pilihlah kukusan yang sesuai dengan besarnya loyang, jika kukusan terlalu besar maka uap air akan terlalu banyak dan kue menjadi basah,
  • pilih kukusan dengan lubang yang tidak terlalu besar agar uap tidak keluar terlalu banyak dan membuat brownies menjadi basah
  • piluh kukusan dengan penutup kaca / bentuk kerucut, supaya uap air tidak turun ke adonan brownies

2. menyiapkan kukusan

Kukusan harus dipanaskan kurang lebih 10 menit sebelum digunakan, lapisi tutup kukusan dengan kain supaya air kukusan tidak jatuh ke adonan brownies. Kain yang dipakai adalah kain katun yang lebih dapat menyerap uap air dan menghindari tetesan ke atas kue.

3. atur suhu saat mengukus

Setelah air mendidih, kecilkan api dan pakai api sedang supaya brownies matang dengan merata, serta tidak bergelombang

4. membuka tutup kukusan apabila telah matang

Hati-hati ketika membuka tutup kukusan apabila brownies telah matang, karena pada tutup kukusan menempel banyak uap air, apabila menetes airnya makan akan membuat brownies basah dan rusak teksturnya. Trik nya adalah dengan membuka dan membalik tutup kukusan dengan cepat, sehingga air tidak sempat menetes.

Brownies Amanda Kukus Lembut dan Moist

Recipe by dapurkintamaniCourse: Video ResepCuisine: IndonesianDifficulty: Medium
Servings

8

servings
Prep time

30

minutes
Cooking time

40

minutes
Calories

300

kcal

Brownies Amanda Kukus Cokelat ini hasilnya sangat lembut dan moist. Dengan takaran bahan-bahan yang tepat menghasilkan kue brownies dengan rasa premium.

Bahan-bahan

Cara Membuat

  • Siapkan mangkok kaca bening, masukkan margarin, coklat batang dan susu cair. Panaskan di atas air mendidih sampai meleleh. Aduk rata dan sisihkan
  • Kocok telur bersama gula pasir dan SP / cake emulsifier sampai mengembang dan kental berjejak
  • Masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder dengan cara diayak ke dalam adonan telur. Aduk balik perlahan sampai ratalangkah 3 brownies amanda kukus
  • Masukkan campuran coklat yang sudah dilelehkan. Aduk rata kembali sampai homogen
  • Tuang sebagian adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper. Kukus selama 10 menit (api sedang cenderung kecil)
  • Ambil dua sendok sayur adonan, campurkan dengan susu kental manis coklat dan minyak sayur untuk membuat lapisan coklat tengah. Aduk sampai rata
  • Tuang ke dalam loyang dan ratakan. Kukus lagi selama 10 menit
  • Tuang adonan yang tersisa ke dalam loyang dan kukus lagi selama 20 menit
  • Lakukan tes tusuk untuk memastikan kue sudah matang sempurna
  • Angkat kue dan sajikan

Video Resep

Tinggalkan komentar

4 komentar

A'izzatin 24/07/2020 - 01:41

Assalamualaikum
Saya kemarin mmbuat brownis bun, resep Dan caranya sesuai dg yg diinatruksiakan di YouTube lain, hasil akhir di bwh loyang berminyak byk Dan rasa coklatnya tdk sprti coklat, Di resepnya ada campuran bubuk coklat, Dan baunya mash amis, pdhl sdh sy ksh vanili.

Balas
dapurkintamani 24/07/2020 - 05:28

Waalaikum salam mba Izzatin. Boleh dikasih link YouTube nya ?
Seharusnya tidak berminyak di bawahnya kalau pada saat mengaduk tercampur rata semua bahan-bahannya. Kemudian pemilihan coklat juga mempengaruhi, tidak masalah pakai tambahan coklat bubuk tapi pilih coklat yg kualitasnya bagus. Resep saya ini tidak pakai vanili hasilnya juga tidak bau amis, tertutup sama coklatnya.

Balas
A'izzatin 24/07/2020 - 12:20

Berrti cukup pakai susu bubuk putih y bun? Kalau misalnya layernya diganti messes sj gmn bun? Klu Tanpa layer waktu yg dibutuhkan Untuk pengukusan brp menit y bun?

Balas
dapurkintamani 24/07/2020 - 12:41

Layernya jangan cuma pakai messes atau coklatnya saja bund, kudu tambah sedikit adonan. Kalau cuma pakai coklat saja nanti meleleh malah lepas lapisan atasnya.

Kalau gak pakai layer total waktu mengukus kurang lebih sama sekitar 25-30 menit biar matang merata semua. Tapi sesuaikan kompor dan kukusan masing2 ya…

Balas
error: Content is protected !!