Nastar Kurma, Kreasi Kue Lebaran

Nastar isi nanas sudah biasa kita temukan saat lebaran. Lalu bagaimana dengan nastar kurma ? Apakah sudah banyak yang coba buat?. Kurma adalah buah yang berasal dari timur tengah dengan rasa manis dan teksturnya menyerupai selai. Jadi kurma tidak perlu diolah lagi menjadi selai. Kurma dapat langsung dibuat menjadi isian nastar. Rasanya sudah manis dan legit tidak perlu ditambah dengan gula.

Coba juga : Resep Kue Pisang Kurma – Kreasi Banana Cake

Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas atau cokelat atau rasa lainnya. Kata nastar berasal dari bahasa Belanda ‘ananas’ dan ‘taart’. Bentuk standar kue nastar adalah bulat dengan diameter kira-kira 2 cm dihias dengan lapisan kuning telur dan kismis / cengkeh.

nastar dengan hiasan cengkeh
nastar dengan hiasan cengkeh

Resep Kue Nastar Kurma adalah Variasi Kue Nastar dengan Rasa Premium !

Resep kue nastar kurma ini adalah modifikasi dari nastar premium. Teksturnya lembut, renyah, ngeprol dan lumer ketika digigit dalam mulut. Rasanya tentu saja premium karena perpaduan beberapa bahan berkualitas dan tentunya enak. Memang agak banyak macam jenis bahan pembuatnya. Dalam resep ini dipakai beberapa jenis butter/mentega, beberapa jenis tepung, serta untuk menambah rasa gurih ada campuran keju dan susu bubuk.

bahan nastar kurma
bahan nastar kurma

Memilih Isian Kurma

Karena stok kurma Sukkari masih ada, manfaatkan untuk isian nastar. Kurma Sukkari teksturnya lembut, lembek dan sudah menyerupai selai. Jika tidak tersedia kurma Sukkari, dapat diganti kurma Tunisia yang memiliki tekstur dan kelembekan yang hampir sama.

Kurma Sukkari diberi julukan ratu kurma/raja kurma dari Arab Saudi. Harganya pun di atas rata-rata sebanding dengan kualitas dan rasanya. Ukurannya juga besar dan bentuknya agak ramping namun lebih panjang. Sekarang ini memang lagi musim dan banyak pedagang yang menjual kurma Sukkari ini. Terlebih menjelang dan selama bulan puasa Ramadhan, tentunya stok kurma berlimpah di pasaran.

Warna daging kurma Sukkari cokelat muda mirip karamel, rasanya sangat manis sesuai dengan namanya Sukkari yang berasal dari kata bahasa arab ‘sukkur‘ yang artinya gula. Tekstur kurma Sukkari tidak kenyal namun lembut dan mudah meleleh di lidah sementara bagian luarnya garing renyah.

kurma yang dipakai adalah jenis kurma sukkari yang lembek, manis, dan lumer

Susu Bubuk yang Dipakai

Dalam resep ini susu bubuk dipakai untuk memberikan aroma khas susu yang creamy. Beli saja susu merk Dancow kemasan sachet. Susu Dancow banyak dipakai untuk membuat aneka kue kering karena aroma susunya terasa.

susu Dancow sachet kemasan 27 g
susu Dancow sachet kemasan 27 g

Pakai Margarin atau Mentega ?

Pakai dua-duanya baik margarin dan mentega. Komposisi margarin dalam resep ini lebih banyak dibandingkan dengan mentega/butter. Saya lebih memilih untuk memperbanyak kandungan margarin daripada butter.

Margarin memiliki wangi yang lebih khas dibanding dengan butter kecuali jika Anda memilih untuk menggunakan butter dari Wisman yang tentu saja harganya jauh lebih mahal (cek harga butter Wisman). Menurut saya memakai lebih banyak margarin walaupun pakai versi ekonomis sudah cukup memberikan aroma wangi pada kue. Dalam resep ini saya memakai margarin Forvita yang murah meriah. Kalau pakai Blueband juga tidak masalah.

margarin Forvita yang murah dan berkualitas
margarin Forvita yang murah dan berkualitas
Wisman Butter

Jenis Tepung yang Dipakai untuk Buat Nastar Kurma

Tepung Terigu Protein Rendah

Pakai tepung terigu protein rendah untuk hasil kue yang ngeprol, lembut, dan lumer di mulut. Salah satu merk yang dikenal masyarakat yaitu tepung terigu Bogasari. Pilih yang varian Kunci Biru untuk tepung terigu protein rendah. Jangan salah pilih ya. Jika Anda tidak mendapatkan tepung terigu Bogasari Kunci Biru, opsi untuk memakai Tepung Terigu Bogasari Segitiga Biru dapat menjadi alternatif. Namun, hasil kue tidak selembut jika memakai tepung terigu Kunci Biru.

Tepung Maizena

Salah satunya bahan yang menjadi rahasia sukses membuat kue kering yang lezat adalah dengan menggunakan tepung maizena agar tekstur kue kering menjadi renyah.

Tepung maizena adalah sebutan populer untuk tepung pati jagung. Kata “maizena” sendiri awalnya merupakan nama brand atau merek dari suatu produk tepung jagung yang ada di Meksiko. Hingga akhirnya di Indonesia, nama tepung maizena lebih populer dan mudah dikenali daripada tepung pati jagung itu sendiri. Karena terbuat dari jagung, mengandung beberapa kandungan gizi, di antaranya adalah karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi. (beli tepung Maizena disini)

Resep kue dari tepung maizena memang jarang ditemukan, sebab tepung maizena jarang sekali digunakan sebagai bahan utama pada pembuatan kue. Tetapi tetap saja tepung maizena tidak bisa dihilangkan dari komponen bahan. Sebab tepung maizena juga merupakan bahan yang vital dalam membuat kue untuk membantu dan mendapatkan tekstur kue yang sempurna.

Pada resep kue dari tepung maizena, berguna sebagai bahan pembantu untuk “melembutkan” tekstur kue. Sedangkan pada resep kue kering, tepung maizena dipakai sebagai bahan pembantu untuk “merenyahkan” tekstur kue kering namun tetap lembut dan mengurangi kadar gluten dalam adonan.

Perlu diperhatikan takaran bahan tepung maizena dalam proses pembuatan kue. Adapun batas penggunaanya berkisar 10% – 20% saja dari bahan tepung terigunya, karena bila terlalu banyak maka resep kue dari tepung maizena akan mudah berjamur atau tidak awet. Takaran yang digunakan adalah untuk menggantikan takaran yang sama dengan bahan terigu utama, jadi bukan menambahkan. (sahabatnestle)

tepung maizena
tepung maizena

Gunakan Susu UHT untuk Olesan

Gunakan kuning telur dicampur dengan susu UHT untuk bahan olesan. Buat larutan yang agak kental supaya olesan tidak jatuh saat dipanggang. Waktu pengolesan adalah setelah 10 menit kue dipanggang, dikeluarkan sebentar untuk diolesi dengan campuran kuning telur dan susu UHT kemudian dipanggang kembali sampai matang.

susu UHT untuk campuran olesan
susu UHT untuk campuran olesan

Resep Kue Nastar Kurma untuk Lebaran

Nastar Kurma

Recipe by HaniCourse: Pastry, Roti Kering, Video ResepCuisine: PastryDifficulty: Medium
Servings

70 butir

servings
Prep time

1

hour 
Cooking time

20

minutes
Calories

300

kcal

Sensasi nastar premium yang lembut dan meleleh di mulut dengan isian kurma yang unik

Bahan-bahan

  • Bahan Kulit
  • 75 g margarin

  • 50 g salted butter

  • 25 g susu bubuk

  • 30 g keju cheddar parut

  • 1 btr kuning telur

  • 25 g gula halus

  • 25 g maizena

  • 150 g tepung terigu protein rendah

  • Bahan Isian
  • irisan kurma

  • Bahan Olesan
  • 1 sdm susu cair

  • 1 btr kuning telur

  • taburan keju parut

Cara Membuat

  • siapkan terlebih bahan isian dengan mengeluarkan biji kurma, kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar 1/2 kelereng, sisihkankurma dibentuk bulatan
  • dalam wadah, campurkan mentega, butter, gula halus dan garam (jika memakai unsalted butter) kemudian mixer sampai rata dan berwarna pucatmixer mentega
  • tambahkan kuning telur dan mixer sebentar sampai rata
  • tambahkan tepung terigu, tepung maizena, keju cheddar parut, susu bubuk aduk kembali sampai rataadonan nastar
  • istirahatkan adonan di dalam kulkas minimal 1 jam
  • setelah diistirahatkan, adonan siap diberi isian kurmaisi dengan kurma
  • bentuk bola-bola adonan ukuran kecil, pipihkan dan beri isian kurma, bentuk lagi menjadi bulat, taruh dalam loyang yang telah dialasi kertas panggang, seterusnya sampai adonan dan isian habistaruh adonan nastar dalam loyang
  • panggang dalam oven selama 15 menit suhu 160 C
  • keluarkan sebentar, beri olesan kuning telur dan susuolesi kuning telur
  • beri taburan keju di atasnyaberi taburan keju
  • panggang kembali dalam oven selama 15 menit atau sampai matang

Video Resep

Enable referrer and click cookie to search for pro webber