Kue Cucur Gula Merah Mengembang dan Berserat

Kue cucur gula merah merupakan olahan kue cucur berbahan dasar gula merah. Sajian kue cucur ini sangat khas dengan warna kecokelatan, rasa yang manis, dan juga gurih. Kue cucur merupakan kudapan tradisional khas kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan sajian kue ini pada pasar-pasar tradisional.

Sajian kue cucur yang cukup terkenal di Indonesia adalah kue cucur khas Betawi dengan bentuk bundar, berserat, dan juga mengembang. Masyarakat Thailand mempercayai kalau bentuk kue ini sangat mirip dengan bunga lotus. Kue ini terbuat dari gula merah dan juga tepung beras. Cara memasaknya yaitu dengan menggorengnya dalam minyak. Kue cucur sangat cocok sebagai makanan pencuci mulut, cemilan, atau menu takjil buka puasa.

3 Tips Agar Kue Cucur Gula Merah Mengembang dan Berserat

Dalam mengolah kue cucur tidak terlalu sulit, namun juga tidak terlalu mudah. Oleh sebab itu membutuhkan trik-trik khusus agar menghasilkan kue cucur gula merah yang mengembang dan berserat. Mari simak 3 tipsnya berikut ini!

1. Pastikan adonan kue cucur tidak bergerindil

Saat mencampurkan semua bahan kue cucur, pastikan teksturnya benar-benar halus dan juga tidak bergerindil. Jika Anda menggunakan mixer, menghaluskannya cukup selama 5 menit saja. Sedangkan, jika menggunakan whisker atau spatula, waktu yang diperlukan untuk menghaluskannya kurang lebih selama 10 menit.

2. Diamkan adonan kue cucur kurang lebih selama 1 jam

Setelah adonan halus dan tidak bergerindil, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kue cucur yang berserat atau bersarang cantik. Tepung beras juga berfungsi sebagai penyerap cairan secara sempurna. Tandanya adalah tekstur adonan yang kental dan lebih berat ketika Anda mengaduknya. Sehingga, saat menggoreng adonan, bentuk kue cucur akan seperti topi dan turun.

3. Menggunakan wajan cekung dan agak tebal

Saat menggoreng kue cucur, gunakanlah wajan agak tebal dan berbentuk cekung seperti wajan serabi. Wajan dengan ciri tersebut dapat membuat bentuk kue cucur semakin cantik, yaitu tekstur pinggirannya agak kering dan bagian tengah bertopi. Selain itu, wajan tersebut juga bisa meminimalisir kegosongan kue cucur pada saat proses penggorengan.

Kue Cucur Gula Merah Mengembang dan Berserat

Recipe by Pojok Dapur SRCourse: SnacksCuisine: IndonesiaDifficulty: Easy
Servings

20

servings
Prep time

10

minutes
Cooking time

4

hours 
Calories

300

kcal

Resep Kue Cucur Gula Merah Mengembang dan Berserat

Bahan-bahan

  • 220 g tepung beras

  • 220 g tepung terigu protein sedang

  • 260 g gula jawa

  • 500 ml air hangat

  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat

  • Didihkan air dan gula merah, setelah itu dinginkan sampai hangat kuku.
  • Kemudian saring dan siap dicampur dengan bahan kering.
  • Campur rata tepung beras, tepung terigu, dan garam. Lalu masukkan air gula merah ke dalamnya sedikit demi sedikit.
  • Kocok selama beberapa saat. Kemudian diamkan adonan minimal 3 jam. Lebih lama lebih baik.
  • Selanjutnya, goreng adonan kue cucur dengan takaran sendok sayur, satu per satu. Goreng hingga matang.
  • Angkat dan tiriskan. Goreng adonan berulang, sampai adonan habis.
  • Sajikan.

Video Resep