Beranda » Cake dan Kue » Brownies Keju Kukus Lembut dan Empuk

Brownies Keju Kukus Lembut dan Empuk

oleh dapurkintamani
4161 tayangan
brownies keju kukus

Brownies keju kukus merupakan inovasi dari kue brownies. Brownies merupakan sebuah makanan yang dipanggang atau dikukus serta populer di Amerika Serikat pada akhir abad ke-20. Awal mula brownies adalah sebuah kue yang dipotong-potong kecil agar mudah dimakan.

Konon katanya kue brownies berasal dari seorang koki yang lupa memasukkan bahan pengembang kue yang disebut baking powder dalam resep adonan bolu coklatnya. Alhasil kue yang ia buat tidak mengembang seperti kue bolu yang biasa dibuat yang terasa lembut, empuk, mengembang, berpori. Sedangkan hasil kue tanpa pengembang kue itu menjadi lebih keras, seperti bantat, dan agak basah.

Cerita lainnya kue brownies berawal dari seorang pemuda pengusaha kue yang sedang mengalami krisis keuangan, dia hanya bisa membeli bahan seadanya untuk membuat kue coklat. Berbekal buku resep yang ia miliki, ia mencoba resep kue coklat tersebut semalaman. Namun, akhirnya kecewa karena hasil kue coklatnya berbeda dengan resep di buku. Dengan keberaniannya, dia menjual kue tersebut ke pasaran. Alangkah tekejutnya para pelanggan sangat menikmati kue coklat tersebut dan memesannya untuk esok harinya.

Coba juga : Resep Brownies Amanda Kukus Coklat

Resep awal kue brownies adalah tepung, mentega, telur dan coklat yang sudah dilelehkan, serta kacang almond. Resep ini tidak berubah selama bertahun-tahun. Namun, sekarang ini banyak sekali variasi kue brownies yang dibuat. Brownies tidak lagi hanya berwarna coklat, namun ada beberapa variasi warna dan rasa seperti brownies keju, pisang, brownies blueberry, kacang dan kopi. Begitu pula dengan proses pembuatannya tidak hanya dipanggang namun dapat juga dikukus.

Memilih Tepung Terigu

Tepung terigu yang dipakai adalah tepung terigu protein sedang untuk brownies. Namun, bila Anda menginginkan tekstur kue brownies kukus keju lebih lembut dan ringan dapat memakai tepung terigu protein rendah. Di pasaran ada beberapa merk tepung terigu, saya pakai tepung terigu dari Bogasari. Untuk tepung terigu protein sedang pilih varian Bogasari Segitiga Biru, sedangkan untuk tepung terigu protein rendah pilih varian Bogasari Kunci Biru.

berbagai macam varian jenis tepung Bogasari, pakai tepung kunci biru untuk membuat pancake souffle

Keju yang Dipakai untuk Isian dan Topping Brownies Keju Kukus

Keju yang dipakai disarankan adalah keju cheddar saja. Untuk keju dari Kraft dapat memakai varian Keju Kraft Milky Soft. Sedangkan untuk keju parut topping tetap memakai keju cheddar. Alternatif lainnya dapat memakai keju dari Prochiz yang lebih ekonomis (cek dulu harga keju Prochiz)

gambar keju kraft milky soft
Keju Kraft Milky Soft yang lembut dan meleleh cocok untuk campuran brownies keju kukus
alternatif keju lebih ekonomis Prochiz

Susu Bubuk yang Dipakai

Dalam resep ini susu bubuk dipakai untuk memberikan aroma khas susu yang creamy. Beli saja susu Dancow kemasan sachet. Susu Dancow banyak dipakai untuk membuat aneka kue kering karena aroma susunya terasa.

Susu Dancow Fortigro

Tips agar Brownies Kukus Keju Empuk dan Tidak Bantat

1. memilih kukusan

  • pilihlah kukusan yang sesuai dengan besarnya loyang, jika kukusan terlalu besar maka uap air akan terlalu banyak dan kue menjadi basah,
  • pilih kukusan dengan lubang yang tidak terlalu besar agar uap tidak keluar terlalu banyak dan membuat brownies menjadi basah
  • piluh kukusan dengan penutup kaca / bentuk kerucut, supaya uap air tidak turun ke adonan brownies

Dulu saya beli kukusan merk Maxim Galaxy ukuran 24 cm seharga Rp250.000. Namun, sepertinya produk ini mulai jarang yang jual ya. Mungkin produknya sudah diganti dengan versi yang lebih multifungsi seperti Maxim Steamer Cassablanca ada fitur dutch oven dan steamer.

Maxim Steamer Galaxy 24 cm
Maxim Steamer Galaxy 24 cm
Maxim Steamer Cassablanca
Maxim Steamer Cassablanca 24 cm

2. menyiapkan kukusan

Kukusan harus dipanaskan kurang lebih 10 menit sebelum digunakan, lapisi tutup kukusan dengan kain supaya air kukusan tidak jatuh ke adonan brownies

3. atur suhu saat mengukus

Setelah air mendidih, kecilkan api dan pakai api sedang supaya brownies matang dengan merata, serta tidak bergelombang

4. membuka tutup kukusan apabila telah matang

Hati-hati ketika membuka tutup kukusan apabila brownies telah matang, karena pada tutup kukusan menempel banyak uap air, apabila menetes airnya makan akan membuat brownies basah dan rusak teksturnya. Trik nya adalah dengan membuka dan membalik tutup kukusan dengan cepat, sehingga air tidak sempat menetes.

Brownies Keju Kukus

Course: Cake dan KueCuisine: IndonesianDifficulty: Easy
Servings

4

servings
Prep time

20

minutes
Cooking time

30

minutes
Calories

300

kcal

Brownies identik dengan coklat, tapi brownies dengan rasa keju pun rasanya tetap lezat. Penggunaan coklat putih pun menambah citarasa brownies keju makin sedap. Anda pun bisa membuat sendiri brownies lezat dengan mengikuti resep berikut.

Bahan-bahan

  • 3 butir telur ayam

  • 5 sdm gula pasir

  • ¼ sdt SP

  • 6 sdm tepung terigu

  • 100 g keju parut

  • 4 sdm susu bubuk manis

  • 100 g margarin cair

Cara Membuat

  • campurkan gula, telur dan SP kemudian kocok dengan mixer sampai mengembang
  • masukkan tepung terigu dan aduk sampai rata, kemudian masukkan keju aduk lagi sampai merata, terakhir masukkan margarin yang sudah dicairkan aduk lagi sampai merata
  • masukkan ke dalam loyang dan ratakan, kukus selama 20-30 menit dengan api sedang dan tutup wadah dibungkus kain
  • pastikan kue telah matang dengan cara menusuk dengan menggunakan tusuk gigi, apabila tidak ada adonan yang menempel, maka kue telah matang
  • potong kue dan beri topping butter cream dan keju parut

Video Resep

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!